KONSEP PENDIDIKAN ISLAMI

Tujuan umum pendidikan formal Islam adalah terwujudnya pribadi muslim. Tujuan itu dapat dirinci menjadi pribadi muslim yang akalnya berkembang, bersedia menerima kebenaran pengetahuannya itu, dan terampil mempraktekan pengetahuan yang dimilikinya. Tujuan itu selanjutnya dijabarkan ke dalam tujuan pendidikan bangsa (nasional) karena pendidikan Islam tentulah berada di suatu negara. Lalu tujuan pendidikan nasional itu dijabarkan sampai ke tingkat rumusan yang khusus dan operasional sesuai dengan tingkat dan jenis sekolah yang memerlukan.
Prinsip konsep pendidikan Islam
Mengenai prinsip pendidikan Islam, al-Syaibani sebagaimana dikutip oleh Mujib, menyatakan bahwa prinsip utama pendidikan Islam adalah:
(1) berorientasi pada Islam;
(2) prinsip menyeluruh (šumuliyah) baik dalam tujuan maupun isi kandungan-nya;
(3) prinsip keseimbangan (tawazun) antara tujuan dan kandungan kurikulum;
(4) prinsip interaksi (ittišaliyah) antara kebutuhan siswa dan kebutuhan masyarakat;
(5) prinsip pemeliharaan (wiqayah) antara perbedaan-perbedaan individu;
(6) prinsip perkembangan (tanmiah) dan perubahan (tagayyur) seiring dengan tuntutan yang ada dengan tidak mengabaikan nilai-nilai absolut ilahiah; dan
(7) prinsip integritas (muwahhidah) antara mata pelajaran, pengalaman, dan aktivitas kurikulum dengan kebutuhan peserta didik, masyarakat, dan tuntutan zaman, tempat peserta didik berada. (Al-Syaibani, dalam Abdul Mujib dan Yusuf Mudzakkir, 2006: 134).

Oleh: Dedeng Rosidin (UPI)

Posted in Artikel, Karisma.