Bidang

1. Sekretaris Umum

Sekretaris Umum adalah bidang yang mengelola hal-hal yang terkait dengan administrasi seperti surat menyurat, inventaris, dan pencatatan data kepengurusan. Bidang ini juga merupakan sentra kerja pengurus, yaitu menyediakan sarana untuk mensinergikan kinerja pengurus seperti menyelenggarakan musyawarah-musyawarah pengurus. Sekretaris umum juga bertugas mengelola data pengurus.

2. Bendahara Umum

Bendahara Umum adalah bidang yang mengelola hal-hal yang terkait dengan keuangan FUSI, baik pemasukan maupun pengeluaran. Bendahara umum bertugas mengelola dana FUSI untuk keberlangsungan program-program kerja FUSI secara efisien. Selain mengelola, bendahara umum juga mengupayakan pemasukan bagi FUSI dengan mencari sumber dana melalui kerjasama, donasi, dan unit-unit usaha.

Bendahara Umum terdiri dari dua divisi yaitu Divisi Administrasi Keuangan dan Divisi Kewirausahaan

3. Bidang Pembinaan Pengurus

Pembinaan Pengurus berkewajiban untuk mengetahui kondisi pengurus dan mengupayakan penjagaan pengurus. Penjagaan dilakukan dengan memberikan sarana untuk meningkatkan pemahaman pengurus terhadap Islam, ukhuwah antar pengurus, dan loyalitas terhadap dakwah.

4. Bidang Kaderisasi

Divisi kaderisasi merupakan divisi yang menjalankan fungsi perekrutan terhadap mahasiswa muslim Fakultas Pertanian. Setelah perekrutan, divisi ini juga betugas untuk menjaga kader FUSI dan melakukan fungsi pengkaryaan sebagai sarana peningkatan kapasitas kader fusi.

5. Bidang Dakwah

  • Divisi Syiar
    Divisi Syiar berperan dalam syiar Islam melalui kajian rutin, kajian akbar dan majelis ilmu lainnya. Syiar juga menyediakan sarana pelatihan kemampuan dasar seorang muslim seperti bahasa arab, tahsin, dan berbagai training ibadah mahdhoh.
  • Divisi Pengelolaan Masjid
    Divisi pengelolaan masjid berperan dalam mengoptimalkan Masjid Baitul Makmur sebagai pusat kegiatan Islam FP UNS. Tugas tersebut meliputi pengupayaan kebersihan, kerapian, keyamanan masjid serta sarana penunjang ibadah lainnya baik teknis maupun non teknis. Divisi ini bekerja sama dengan takmir Masjid Baitul Makmur dalam melaksanakan fungsinya. Selain itu, divisi pengelolaan masjid juga mengelola perpustakaan masjid.

6. Bidang Kemasyarakatan

Bidang kemasyarakatan merupakan bidang yang berperan dalam menghidupkan syiar Islam di desa binaan FUSI. Kegiatan bidang ini meliputi pengajaran TPA di desa binaan, penyelenggaraan kajian masyarakat dan kegiatan penunjang syiar seperti bakti social, training, musyawarah dengan tokoh desa, dan sebagainya. Bidang kemasyarakatan memiliki tanggunga jawab untuk mengupayakan kemandirian syiar Islam masyarakat desa binaan

7. Bidang Hubungan Masyarakat (Humas)

Bidang Hubungan Masyarakat berperan dalam menjalin hubungan dengan pihak eksternal FUSI baik pihak fakultas (dekanat, dosen, karyawan), UKKHM Fakultas Pertanian, dan alumni. Bidang ini juga bertugas untuk melakukan perluasan jaringan dengan lembaga-lembaga eksternal Fakultas yaitu Lembaga dakwah Fakultas lain di UNS dan di luar UNS. Selain itu, tugas bidang diantaranya adalah memfasilitasi terbentuknya forum angkatan.

8. Bidang Media, Komunikasi dan Informasi (Medkominfo)

  • Bidang Medkominfo bertugas untuk mengelola sarana syiar Islam serta menyebarkan informasi aktual yang bermanfaat untuk umat Muslim.melalui media cetak, elektronik, dan media massa lainnya. Beberapa media yang umum digunakan misalnya media social seperti facebook, twitter, line, dan media cetak yaitu buletin. Selain itu bidang ini juga aktif mempublish berbagai agenda dan kegiatan fusi, dan melakukan fungsi tindak isu

9. Bidang Kemuslimahan

Mensyiarkan Islam kepada muslimah, meningkatkan tsaqofah dan keterampilan muslimah Fakultas Pertanian UNS.